Ads 468x60px

Jumat, 13 Januari 2012

Makna Dari Surat Al-Fatihah

Surat Al Faatihah memiliki arti pembukaan merupakan surat yang diturunkan di Mekkah termasuk golongan surat Makkiyyah dan terdiri dari 7 ayat adalah surat yang pertama-tama diturunkan secara lengkap diantara surat-surat yang ada dalam Al Quran. Surat ini disebut Al Faatihah (Pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya Al-Qur'an. Dinamakan Ummul Quran (induknya Al Quran) atau Ummul Kitaab (induknya Al Kitaab) karena merupakan induk yang paling utama dari semua isi Al Quran. Dinamakan pula As Sab'ul matsaany (tujuh yang berulang-ulang) karena tujuh ayat surat ini dibaca berulang-ulang artinya setiap kita sholat kita diwajibkan untuk membaca surat Al Faatihah yang termasuk dalam rukun sholat.
alfatihah
Mari bersama-sama kita cari tahu makna dari tujuh ayat ini.
 
Ayat ke-1. Bismillaahir rahmaanir rahiim
Artinya : "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".
Makna yang terkandung : Bahwa Allah SWT sangat menyayangi kita semua. Coba bayangkan dan rasakan betapa semua nikmat yang telah kita terima, nikmat Islam, Iman, kesehatan dan semuanya. Allah selalu memberi segalanya mengasihi dan menyayangi hambaNya. Kita patut bersyukur atas segala yang Allah berikan.


Ayat ke-2. Alhamdulillaahi rabbil'aalamiin
Artinya : "Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam".
Makna yang terkandung : Hanya Allah yang mulia dan agung. Hanya Allah yang berhak kita puji. Dialah Tuhan yang memiliki seluruh alam semesta dan termasuk kita didalamnya. Kita patut bersyukur atas segala yang Allah berikan dengan segala puji kita.


Ayat ke-3. Arrahmaanir rahiim
Artinya : "Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".
Makna yang terkandung : Ayat ini mempertegas ayat pertama bahwa sesungguhnya Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Allah akan mengabulkan do'a dan memberi nikmat kepada kita semua.


Ayat ke-4. Maaliki yaumid diin
Artinya : "Yang memiliki kekuasaan atas hari pembalasan".
Makna yang terkandung : Allah SWT akan memberi pembalasan atas semua yang telah kita lakukan di dunia. Di hari kiamat nanti semua akan terlihat jelas dan kita akan mempertanggungjawabkan semua di hadapan Allah. Dan hanya Allah yang memiliki kekuasaan atas semua itu.


Ayat ke-5. Iyyaakana'budu wa iyyaakanasta'iin
Artinya : "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan".
Makna yang terkandung : Bahwa kita manusia dan seluruh makhluk yang ada hanya menyembah kepadaNya. Dengan melaksanakan kewajiban dan menjauhi larangannya, serta do'a yang selalu kita panjatkan. Dan Allah juga akan memberikan pertolongan bagi hambaNya yang memohon atas kesusahan baginya. Lakukan seluruh ibadah kita dengan ikhlas agar diterima Allah SWT.


Ayat ke-6. Ihdinash shiraathal mustaqiim
Artinya : "Tunjukkanlah kami menuju jalan yang lurus".
Makna yang terkandung : Kita sebagai manusia memohonlah kepada Allah SWT supaya diberikan jalan lurus yang penuh dengan rahmat dan berkahNya. Dan supaya kita dijauhkan dari setan dan godaan lainnya. Dengan niat pasti kita dapat melakukannya.


Ayat ke-7. Shiraathalladziina an'amta 'alayhim ghayril maghdhuubi 'alayhim wa ladhdhalliin
Artinya : "(yaitu) jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat atas mereka, bukan jalan orang-orang yang dibenci dan bukan pula jalan orang-orang yang tersesat".
Makna yang terkandung : Bahwa Allah akan memberi nikmat akhirat bagi orang-orang yang berada dijalanNya. Nikmat dan kebahagiaan yang akan kita rasakan nanti. Namun Allah tidak akan memberikan nikmat itu bagi orang-orang yang dibenciNya dan orang-orang yang tersesat. Semoga kita selalu ada dijalanNya.


Resapi arti dari Surat Al-Fatihah ini. Dan laksanakan pada kehidupan kita sehari-hari. Agar kita selamat dunia dan akhirat. Subhanallah.
Sekian saja. terima kasih.


Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers

Want 5000 free backlinks for your blog? This is true. I had to prove. Click on this link for more info. Free 5000+ Backlink For You Come on join. Now!!!